Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit

Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit 

PUBLIC TRAINING

Pendaftaran

Contact Us … WhatsApp Us … Email Us …

Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit

Latar Belakang

Pelatihan Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit di selanggarakan oleh ThePrime-Consulting Rumah Sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan juga dapat menjadi tempat yang berisiko menularkan penyakit, serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan masalah kesehatan. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, Rumah Sakit mempunyai unit/departemen yang dikenal dengan istilah Manajemen Linen dan Laundry Rumah Sakit.

Lalu apa pengertian dari Linen dan Laundry Rumah Sakit itu?

Linen adalah istilah yang dikhususkan dalam penyebutan seluruh barang dan peralatan yang terbuat dari produk tekstil (bahan/kain) yang dimanfaatkan dalam kegiatan Rumah Sakit seperti contohnya : pembungkus kasur, bantal, guling, dan semacamnya. Sedangkan Laundry Rumah Sakit adalah tempat pencucian linen hasil kegiatan Rumah Sakit yang dilengkapi dengan sarana penunjang seperti mesin cuci, alat disinfektan, mesin uap (steam boiler), mesin pengering, meja dan mesin setrika.

Pelayanan laundry/linen itu sendiri merupakan pelayanan nonklinik yang dianggap penting di Rumah Sakit. Peran dan fungsi dari manajemen linen yang baik adalah dengan memberikan kesan bersih, sehat dan higiene, serta menciptakan suasana nyaman dalam ruangan. Pastinya dengan suasana yang nyaman di ruang rawat inap dan ruangan lainnya akan memberi energi psikologis yang positif terhadap pasien dan pengunjung, serta bisa memberikan harga jual tersendiri bagi Rumah Sakit untuk bersaing dalam pelayanan. Sedangkan pengelolaan linen yang buruk dapat berakibat pada meningkatnya potensi penularan penyakit terhadap pasien, pengunjung, maupun pegawai Rumah Sakit itu sendiri.Untuk itu  penanganan yang maksimal sangat diperlukan demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. 

Secara umum tugas dari Laundry Rumah Sakit adalah :

  1. Menerima alat tenun dari semua unit pelayanan di Rumah Sakit.
  2. Mensuci-hamakan alat tenun yang telah tercemar kuman.
  3. Menyimpan persediaan semua unit pelaksana.
  4. Menjahit, menambal atau merombak alat tenun yang rusak.
  5. Mendistribusikan alat tenun ke semua unit pelayanan.
  6. Merencanakan jumlah pembelian alat tenun pada tahap berikutnya.
  7. Menentukan standar jumlah alat tenun untuk seluruh unit pelayanan yang ada di Rumah Sakit, sehingga pelayanan tidak terganggu.
  8. Memelihara standar dan kualitas hasil dari persiapan, pemrosesan samapai pendistribusianya.

Tujuan Pelatihan

Secara umum bertujuan untuk membimbing serta mengarahkan para pengelola manajemen Rumah Sakit agar dapat mengelola manajemen linen dan laundrynya dalam memberikan pelayanan terbaik dan membantu menciptakan suasana lingkungan ruangan yang nyaman, selain itu juga dengan terkelolanya sistem laundry Rumah Sakit yang baik diharapkan proses pengerjaan sehari-hari tidak berdampak buruk kepada lingkungan sehingga tetap membawa suasana yang nyaman dan image Rumah Sakit tetap terjaga. Dan secara khusus pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan :

  • Pengetahuan material yang cocok untuk linen Rumah Sakit.
  • Pengetahuan teknik penanganan linen kotor (infeksius dan non infeksius).
  • Pengetahuan teknik pemaparan infeksius.
  • Pengetahuan mengenai limbah cair yang dihasilkan dari perawatan linen.
  • Pengetahuan tentang pemaparan penyakit yang disebabkan oleh serangga.
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap manajemen pengelolahan linen dan laundry Rumah Sakit.
  • Pengetahuan agar peserta mampu mendesain, mengimplementasikan, serta mengendalikan kenyamanan ruang di rumah sakit melalui kebersihan dan sistem hygiene tepat guna.
  • Pengetahuan agar peserta mampu melakukan pengolahan dan pengendalian sistem pengolahan limbah rumah sakit agar tetap terjaga suasana aman, nyaman dan bersih.
  • Dengan terpenuhinya kebutuhan pengetahuan terhadap manajemen linen dan laundry ini, merupakan bentuk kepatuhan rumah sakit terhadap peraturan dan perundang-undangan pemerintah yang berlaku.

Materi Pelatihan

  • Undang-Undang tentang air limbah sesuai dengan peraturan Kementrian Lingkungan Hidup dan DepKes RI.
  • Pengantar manajemen linen dan laundry Rumah Sakit.
  • Perencanaan kebutuhan linen dan bahan pencuciannya untuk pelayanan pasien dan  keperluan pakaian petugas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Sistem Instalasi pengolahan air limbah.
  • Infeksi Nosokomial.
  • Aplikasi manajemen linen dan laundry Rumah Sakit : estimasi perhitungan kebutuhan linen sesuai dengan aktual kebutuhan rumah sakit, pemilihan karakter dan type bahan baku, perawatan dan pengelolahan (Teknik Proses Pencucian, Storage ) dan distribusi.
  • Perbaikan linen yang rusak.
  • Pemeliharaan peralatan laundry.
  • Pengawasan kegiatan di unit linen dan laundry.
  • Pelaporan kegiatan dan stok opname.

Metode Pelatihan

Metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

Sasaran Peserta Pelatihan

  • Ka. Instalasi linen dan laundry Rumah Sakit
  • Ka. Instalasi pengolahan air limbah
  • Dept. Hygiene dan sanitasi Rumah Sakit
  • Team operasional bagian linen
  • Team operasional bagian laundry Rumah Sakit
  • Team operasional pengolahan limbah Rumah Sakit

Durasi Pelatihan

2 hari (2 x 7 jam efektif) Mulai Pukul 09.00-16.00 WIB. 

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Biaya Pendaftaran peserta

  • Rp. 4.250.000,- / peserta (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi).

Note: Kami juga menyediakan pelatihan Online dengan biaya Rp. 2.500.000/peserta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami atau bisa download brosur pelatihan dibawah.

Jadwal Pelatihan 

Tahun 2024

  • Jakarta, 8-9 Januari 2024
  • Bogor, 18-19 Januari 2024
  • Bandung, 22-23 Januari 2024
  • Yogyakarta, 29-30 Januari 2024
  • Jakarta, 5-6 Februari 2024
  • Bogor, 14-15 Februari 2024
  • Bandung, 21-22 Februari 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Februari 2024
  • Jakarta, 6-7 Maret 2024
  • Bogor, 13-14 Maret 2024
  • Bandung, 19-20 Maret 2024
  • Yogyakarta, 28-29 Maret 2024
  • Jakarta, 3-4 April 2024
  • Bogor, 9-10 April 2024
  • Bandung, 17-18 April 2024
  • Yogyakarta, 25-26 April 2024
  • Jakarta, 7-8 Mei 2024
  • Bogor, 15-16 Mei 2024
  • Bandung, 21-22 Mei 2024
  • Yogyakarta, 30-31 Mei 2024

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com 
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting                                                                       

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Berdasarkan Judul Pelatihan

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN ONLINE 

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN OFFLINE 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.