Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit

Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit 

PUBLIC TRAINING

Pendaftaran

Contact Us … WhatsApp Us … Email Us …

Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit 

Pendaftaran Pelatihan

Marketing Office:
Telp. 021-783-5760
Fax.  021-7783-5761

Website:
http://www.theprime-consulting.co.id

Mobile / WhatsApp : 
0821-2443-2399 (WhatsApp)

Email: cs@theprime-consulting.com

Latar Belakang

Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit oleh ThePrime-ConsultingMenurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 1691 Tahun 2011 keselamatan pasien Rumah Sakit adalah suatu sistem dimana Rumah Sakit membuat proses asuhan pasien menjadi lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.

Risiko klinis adalah semua isu yang dapat berdampak terhadap pencapaian pelayanan pasien yang bermutu tinggi, aman dan efektif. Sedangkan insiden keselamatan pasien adalah setiap kejadian yang tidak disengaja dan kondisi yang mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yang seharusnya dapat dicegah. Kenyataannya, di Rumah Sakit terdapat ratusan jenis obat, ratusan tes dan prosedur, terdapat banyak pasien, kelompok profesi dan individu staff, serta terdapat banyak sistem dan keberagaman sehingga berpotensi menimbulkan kesalahan.

Tujuan Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit

Utama memberikan pengetahuan bagaimana agar para petugas kesehatan baik perawat, dokter, apoteker maupun paramedis bisa menjalankan tugasnya secara optimal dan terhindar dari bahaya maupun resiko yang mengancam.

umum dari Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis di Rumah Sakit adalah terwujudnya mutu pelayanan dan keselamatan pasien di Rumah Sakit.

Adapun tujuan khususnya, yaitu :

  • Terciptanya budaya keselamatan pasien di Rumah Sakit.
  • Meningkatnya akuntabilitas.
  • Menurunnya kejadian tidak diharapkan (KTD).
  • Terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan kejadian yang tidah diharapkan.

Materi Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit

  • Patient safety is a key component of Risk Management.
  • State of The Art Patient Safety (Seven Steps).
  • Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit.
  • Instrumen Akreditasi pelayanan keselamatan pasien Rumah Sakit.
  • Membangun kesadaran akan nilai keselamatan pasien (Langkah 1 Keselamatan Pasien).
  • Memimpin dan mendukung staf untuk komit dan fokus pada Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Langkah 2 Keselamatan Pasien).
  • Integrasi Manajemen Risiko (Langkah 3 Keselamatan Pasien).
  • Sistem Pelaporan di Rumah Sakit (Langkah 4 Keselamatan Pasien).
  • Komunikasi dengan Pasien (Langkah 5 Keselamatan Pasien).
  • Belajar dan berbagi pengalaman keselamatan pasien (Langkah 6 Keselamatan Pasien, Incident Investigation: Simple Investigation & RCA).
  • Cegah cedera melalui Implementasi keselamatan pasien rumah sakit. (Langkah 7 keselamatan Pasien, Risk Assessment & Redesign Process: HFMEA).

Sasaran Peserta Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit

  • Dokter
  • Perawat
  • Pejabat struktural di Rumah Sakit.

Metode Pelatihan Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis Rumah Sakit

Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, yaitu:

  • Di kenalkan kepada konsep
  • Diberikan contoh aplikasinya
  • Berlatih menggunakan konsep
  • Mendiskusikan proses dan hasil latihan
  • Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok

Metode Pelatihan

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi Kasus
  • Diskusi interaktif
  • Presentasi kelompok dan evaluasi

Jadwal Pelatihan 

Tahun 2024

  • Jakarta, 6-7 Februari 2024
  • Bogor, 13-14 Februari 2024
  • Bandung, 20-21 Februari 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Februari 2024
  • Jakarta, 5-6 Maret 2024
  • Bogor, 14-15 Maret 2024
  • Bandung, 18-19 Maret 2024
  • Yogyakarta, 26-27 Maret 2024
  • Jakarta, 2-3 April 2024
  • Bogor, 8-9 April 2024
  • Bandung, 18-19 April 2024
  • Yogyakarta, 22-23 April 2024
  • Depok, 24-25 April 2024
  • Jakarta, 2-3 Mei 2024
  • Bogor, 6-7 Mei 2024
  • Bandung, 14-15 Mei 2024
  • Yogyakarta, 20-21 Mei 2024
  • Depok, 28-29 Mei 2024

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Durasi Pelatihan

2 hari (Efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB

Biaya Pelatihan

  • Offline sebesar Rp. 5.000.000 (sudah termasuk biaya penginapan)
  • Online sebesar Rp. 2.500.000 (informasi hubungi marketing kami)

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com 
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN ONLINE 

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN OFFLINE 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.