Pelatihan AMDAL Rumah Sakit

Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Rumah Sakit

Latar Belakang

Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Rumah Sakit oleh ThePrime-Consulting – Kegiatan manusia berkumpul pasti akan menghasilkan limbah dan pada akhirnya akan memerlukan pembuangan, tidak terkecuali Rumah Sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan yang juga menjadi tempat berkumpulnya orang sakit ataupun yang sehat, sehingga wajib dilakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau yang biasa kita kenal dengan istilah AMDAL. Amdal adalah hasil studi kelayakan dengan telaahan secara cermat dan mendalam mengenai dampak penting suatu perencanaan kegiatan atau usaha terhadap lingkungan hidup yang dipergunakan sebagai acuan dasar dalam pengambilan keputusan oleh instansi terkait.

Sesuai dengan (PP No.51 tahun 1993), bahwa Rumah Sakit yang terkena wajib AMDAL adalah Rumah Sakit dengan kapasitas lebih dari 400 tempat tidur. Secara garis besar ada 3 (tiga) macam limbah Rumah Sakit, yaitu:

  • Limbah padat (sampah)
  • Limbah cair
  • Limbah klinis

Ketiga limbah diatas secara langsung maupun tidak langsung dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan membahayakan bagi pengunjung, petugas kesehatan, maupun lingkungan di sekitar Rumah Sakit. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan peserta untuk lebih memahami serta mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, serta memprakirakan dampak dari suatu keberlangsungan kegiatan di Rumah Sakit terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Pembuangan  sisa limbah  harus  ditangani  secara  tepat karena  limbah klinis itu sangat  berbahaya  terumata  jika  ada penyakit  menular yang bisa  membahayakan  masyarakat  disekitarnya

Tujuan Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Rumah Sakit

  • Rumah Sakit yang terkena wajib AMDAL adalah rumah sakit dengan kapasitas lebih dari 400 tempat tidur sesuai dengan (PP No.51 tahun 1993).
  • Mampu mengidentifikasikan komponen-komponen lingkungan hidup yang akan terkena dampak besar dan penting.
  • Memprakirakan dan mengevaluasi rencana usaha atau kegiatan yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.
  • Mampu mengidentifikasi rencana usaha dan/atau kegiatan yang akan dilakukan terutama yang berpotensi menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup.

Materi Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Rumah Sakit

  • Proses perencanaan serta tahap penyusunan RKL dan RPL.
  • Proses perencanaan serta tahap penyusunan UKL dan UPL.
  • Tahap dan metode identifikasi, penilaian dan evaluasi yang terkait dengan dampak lingkungan.
  • Proses penyusunan AMDAL dimulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan hasil audit study kelayakan AMDAL.
  • Proses Audit Lingkungan, dan bagaimana serta kapan audit lingkungan harus dilakukan.
  • Keterkaitan ISO 14001 Environmental Management System (EMS) dengan AMDAL.
  • Peraturan-peraturan Pemerintah terkait dengan Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan (K3LH).
  • Pembahasan Study Kasus terkait dengan isu-isu Global Lingkungan.

Sasaran Peserta Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Rumah Sakit

  • Dept Sumber daya Rumah Sakit/Puskesmas/Labkesda
  • MR Rumah Sakit
  • Dept HSE Rumah Sakit
  • Operator IPAL Rumah Sakit
  • Dept CSR Rumah Sakit dan semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak dalam pengelolahan lingkungan.

Metode Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Rumah Sakit

  • Presentasi.
  • Diskusi.
  • Studi kasus.
  • Diskusi interaktif.
  • Presentasi kelompok dan evaluasi.

Jadwal Pelatihan

Tahun 2024

  • Jakarta, 8-9 Januari 2024
  • Bogor, 18-19 Januari 2024
  • Bandung, 22-23 Januari 2024
  • Yogyakarta, 29-30 Januari 2024
  • Jakarta, 5-6 Februari 2024
  • Bogor, 14-15 Februari 2024
  • Bandung, 21-22 Februari 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Februari 2024
  • Jakarta, 6-7 Maret 2024
  • Bogor, 13-14 Maret 2024
  • Bandung, 19-20 Maret 2024
  • Yogyakarta, 28-29 Maret 2024
  • Jakarta, 3-4 April 2024
  • Bogor, 9-10 April 2024
  • Bandung, 17-18 April 2024
  • Yogyakarta, 25-26 April 2024
  • Jakarta, 7-8 Mei 2024
  • Bogor, 15-16 Mei 2024
  • Bandung, 21-22 Mei 2024
  • Yogyakarta, 30-31 Mei 2024

Jadwal dan Waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff online Marketing terlebih dahulu.

Fasilitas Pelatihan

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • Jacket
  • Coffee break
  • Makan Siang
  • Training Kit
  • Meeting Room

Durasi Pelatihan

2 hari (Efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB

Biaya Pelatihan

  • Offline sebesar Rp. 5.000.000 (sudah termasuk biaya penginapan)
  • Online sebesar Rp. 2.500.000 (informasi hubungi marketing kami)

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com 
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting

Jadwal Pelatihan Lainnya:

Brosur Pelatihan:

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN ONLINE

DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN OFFLINE

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.