Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 – Audit Mutu Internal

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 – Audit Mutu Internal

Audit Mutu Internal adalah sebuah proses penting dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan, kelayakan, dan kesesuaian implementasi sistem manajemen mutu dalam sebuah organisasi. Audit ini dilakukan secara internal oleh tim auditor yang ditunjuk oleh organisasi itu sendiri, dengan tujuan untuk memastikan bahwa sistem manajemen mutu berfungsi sebagaimana mestinya dan memenuhi persyaratan ISO 9001:2015 serta kebutuhan organisasi.

Hasil audit ini menjadi dasar bagi manajemen dalam membuat keputusan strategis untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Selama ini mungkin kita sudah akrab dengan istilah audit internal, yang sering kali dikonotasikan dengan pemeriksaan keuangan.

Namun, menurut ISO 9000:2015, Audit memiliki definisi yang lebih luas:

“Sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis, independen, dan terdokumentasi untuk mengumpulkan bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya secara objektif guna menentukan sejauh mana kriteria audit (audit criteria) terpenuhi.”

Audit internal juga dikenal sebagai first-party audit karena dilakukan oleh pihak internal perusahaan itu sendiri. Ini adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, sesuai dengan klausul 9.2 Audit Internal.

Dalam audit mutu internal, kriteria yang diperiksa berkaitan dengan kebijakan, prosedur, atau persyaratan yang dijadikan acuan. Audit mutu internal bertujuan untuk mengevaluasi penerapan ISO 9001:2015, memeriksa kepatuhan terhadap persyaratan, dan menilai kesenjangan dengan standar.

Kenapa Audit Mutu Internal Perlu dilaksanakan?

  • Untuk menilai pemenuhan Sistem Manajemen Mutu auditee terhadap persyaratan ISO 9001:2015;
  • Untuk mengevaluasi implementasi dan pemeliharaan Sistem Manajemen Mutu auditee;
  • Untuk mengidentifikasi potensi perbaikan dalam Sistem Manajemen Mutu auditee;
  • Untuk menilai kapabilitas proses tinjauan manajemen internal dalam menjaga keberlanjutan dan efektivitas Sistem Manajemen Mutu;
  • Untuk mengevaluasi Sistem Manajemen Mutu organisasi yang ingin menjalin hubungan kontrak, seperti dengan pemasok atau mitra.

Menurut klausul 9.2 dari Standar ISO 9001:2015, organisasi memiliki keleluasaan untuk menentukan interval waktu untuk melaksanakan audit internal.

Organisasi memiliki kebebasan memilih frekuensi audit internal (setiap tiga, enam, atau 12 bulan). Beberapa departemen mungkin diaudit lebih sering karena peran kritisnya atau tingkat penyimpangan yang tinggi.

Siapa yang berhak melaksanakan Audit Mutu Internal?

Organisasi harus menunjuk beberapa individu sebagai Pemeriksa Mutu Internal. Pemeriksa Mutu Internal harus memiliki keahlian dalam kegiatan pemeriksaan mutu internal, yang dapat didokumentasikan melalui sertifikasi pelatihan, rekam jejak, atau bukti lain dari partisipasi dalam pelatihan pemeriksaan mutu internal. Penting untuk dicatat bahwa seorang Pemeriksa Mutu Internal tidak diperbolehkan untuk melakukan pemeriksaan pada pekerjaannya sendiri.

Bagaimana cara melaksanakan Audit Mutu Internal?

Secara ringkas, tata cara melaksanakan Audit Mutu Internal adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan, organisasi perlu membentuk tim audit dengan auditor internal setingkat kepala bagian atau manajer ke atas.
  2. Tim Audit membuat program audit yang mencakup beberapa audit dalam kerangka waktu dan sasaran tertentu.
  3. Sebelum pelaksanaan audit, tim audit membuat rencana audit yang mencakup jadwal dan ruang lingkup audit, serta didistribusikan ke seluruh bagian yang akan diaudit.
  4. Untuk mempermudah pelaksanaan, tim audit disarankan membuat audit checklist berisi poin-poin penting yang harus ditanyakan kepada auditee, mengingat tidak semua auditor internal memahami seluruh persyaratan ISO 9001:2015.
  5. Setelah audit selesai, tim audit mengumpulkan semua temuan audit berdasarkan bukti obyektif dan menyusunnya menjadi laporan audit mutu internal.
  6. Seluruh temuan dalam laporan audit harus ditindaklanjuti oleh bagian terkait dan diverifikasi oleh tim audit untuk memastikan semua temuan telah diperbaiki secara menyeluruh.

Hubungi Kami

Marketing Office:
Phone/Fax : 021-77835761
Online Marketing:
0821-2443-2399 (Achmad)
Email:
cs@theprime-consulting.com
Website:
www.theprime-consulting.co.id

Sosial Media

Instagram: @pancaprimasolusindo

Facebook: Theprime-consulting

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.